PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WALED

Authors

  • saepudin saepudin Institut Prima Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.58660/cer.v4i1.56

Keywords:

Penerapan Video Tutorial, Hasil Belajar Siswa, Kualitatif

Abstract

Pengaruh media pembelajaran video tutorial dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Waled. Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui media pembelajaran video tutorial terhadap hasil belajar Informatika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Waled dan (2) mengetahui bagaimana respon siswa terhadap penerapan pembelajaran video tutorial dalam pembelajaran Informatika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semua dengan rancangan penelitian yang digunakan Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Waled semester genap tahun ajaran 2023/2024, dengan sampel penelitian menggunakan siswa kelas VII A sebagai kelompok kontrol dan VII C sebagai kelompok eksperimen dengan total jumlah siswa sebanyak 68 orang. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket dan test untuk teknik analisis data nya dalam analisis data hasil tes dengan uji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran tiap butir soal. Untuk mengkaji data pertama peneliti melakukan penyebaran angket guna mengukur seberapa besar respon siswa dan yang kedua melakukan uji hasil belajar siswa melalui tes, yang selanjutnya dianalisis prasyarat data setelah itu dianalisis menggunakan uji regresi dan uji koefisien regresi (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa respon siswa melalui angkat menunjukkan pada umumnya dapat menimbulkan rasa senang, ketertarikan mengerti arti kerjasama dan tidak bosan serta lebih termotivasi lagi untuk memahami konsep materi yang sedang dipelajari nya.

Downloads

Published

2025-05-15