PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR INFORMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 CILEDUG

Authors

  • Tetin Aliustiningsih Institut Prima Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.58660/cer.v4i1.55

Keywords:

Penerapan Video Tutorial, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Hubungan penggunaan media video animasi guna meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika kelas VII di SMP Negeri 2 Ciledug program studi pendidikan teknologi informasi dan komunikasi (PTIK). Salah satu bidang yang cukup banyak mendapatkan manfaat atas perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut ialah bidang pendidikan. Oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan membuat siswa tertarik terhadap pembelajaran tersebut dan berhasil dalam belajar salah satu cara dengan menggunakan metode pembelajaran penggunaan media video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan penggunaan media video animasi. Data dikumpulkan melalui observasi wawancara, angket, tes. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hubungan penggunaan multimedia interaktif dengan peningkatan hasil belajar siswa, yakni hipotesis hasil belajar dengan menggunakan penggunaan media video animasi sebesar 1,0635%.

Downloads

Published

2025-05-15