Pengaruh Multimedia Interaktif Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMP Negeri 2 Gebang

Authors

  • Kodim Kodim Institut Prima Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.58660/cer.v4i1.51

Keywords:

Pengruh Media Interaktif, Hasil Belajar, Kuantitatif Komparatif

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang dengan sangat pesat, hal tersebut dapat terlihat dari semakin mudahnya sesorang dalam berkomunikasi dan bertukar informasi, bahkan kini tidak lagi terbatas oleh jarak dan waktu. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode komparatif. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas (X), pada penelitian ini yaitu penggunaan video pembelajaran, sedangkan variabel terikat (Y) pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Setelah dilakukan perhitungan hipotesis diketahui bahwa nilai thitung adalah 1,0635 dan setelah dicari nilai ttabel dari tabel hitung diketahui nilai ttabel adalah 0,6787433. Jadi Ho di Diterima jika thitung < ttabel dan hipotesis diterima jika thitung > ttabel yaitu 1,0635 > 0,6787 berarti hipotesis maka H1 diterima dan Ho di tolak. Dengan menolak Ho dan menerima H1 berarti rataan kedua kelompok berbeda, dengan rataan kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada rataan kelompok kontrol, maka dengan diberi perlakuan pada kelompok eksperimen memberi pengaruh yang cukup berarti.

Downloads

Published

2025-05-15