Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMAN 1 Waled Kelas X
Keywords:
game online, Motivasi belajar, Quasi ExperimentAbstract
Ketergantungan pada permainan game online dapat mengurangi aktivitas positif yang seharusnya dialami oleh anak selama masa perkembangannya (Sundara,2020). Anak yang terlalu bergantung pada aktivitas bermain game cenderung terpengaruh dan mengurangi minat belajar mereka, sehingga waktu yang seharusnya dihabiskan untuk belajar dan berinteraksi sosial dengan teman sebaya dapat berkurang. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode eksperimen yang menjadi bagian dari metode kuantitatif yang mempunyai ciri khas tersendiri yaitu dengan adanya kelompok kontrolnya. Pendekatan jenis penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design. Desain eksperimen yang digunakan adalah Pre-test dan Post-test Nonequivalent Control Group Design. pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa melalui model rumus regresi linear sederhana diperolah hasil Y= Y: 55,681 + 0,228 X. Sedangkan hasil dari perhitungan uji T dengan menggunakan rumus regresi linear adalah diperolah T hitung (6,434) > F tabel (,2609) artinya bahwa terdapat pengaruh negarif game online terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 1 Waled Kabupaten Cirebon. Sedangkan melalui uji koefisien bahwa R Square =0,105 atau setara dengan 10,5%.