Pengaruh Penggunaan Code.org Sebagai Media Pengenalan Coding Dalam Mata Pelajaran Informatika MTS Nurul Huda Jubang Kelas VII
Keywords:
code.org, pengenalan koding, informatikaAbstract
Pada era modern ini, kemajuan dan perkembangan teknologi semakin tampak nyata. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran, seperti perangkat audio, visual, dan audio-visual, serta perlengkapan media sekolah lainnya, perlu mengikuti tren perkembangan teknologi masa kini(Haruna,2022). Dalam penelitian eksperimen ini Code.org digunakan sebagai medi pembelajaran pengenalan coding terhadap motivasi belajar siswa kelas VII MTS Sehingga dari Code.org tersebut, siswa bisa bermain sebuah game yang man siswa tersebut dapat mengenal teknologi dalam pembuatan game sesuai yang diarahkan. Dan para pendidik atau guru juga dapat memperluas pengetahua dan keahlian dalam menggunakan media pembelajaran Code.org. hasil dari tabel One-Sample Test menunjukkan bahwa kedua variabel, Total_X dan Total_Y, memiliki rata-rata yang signifikan secara statistik berbeda dari nilai tes yang diuji (0), dengan nilai t-statistik yang sangat tinggi dan nilai p yang sangat rendah (<0.001). Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan media Code.org memiliki dampak yang positif dan signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Ini menegaskan pentingnya integrasi media pembelajaran inovatif dalam konteks pendidikan untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran