Pengaruh Penggunaan Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MANU 2 Tanjung

Authors

  • Fariz Ardiansyah Institut Prima Bangsa

Keywords:

canva, Quasi Experiment, Kuantitatif, Hasil belajar

Abstract

Upaya meningkatkan kualitas pendidikan dapat ditempuh melalui peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas sistem penilaiannya. Pembelajaran adalah suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. enghadapi era globalisasi di bidang teknologi, pendidikan bukan hanya menekankan pada aspek kecerdasan, melainkan aspek kreativitas penggunaan teknologi juga harus dikembangkan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi experimental design. Instrumen pengumpulan data adalah perangkat untuk mengukur hasil belajar siswa yang mencakup hasil belajar dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Instrumen penilaian yang digunakan harus memenuhi beberapa persyaratan standar yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Hasil uji Mann Whitney-U post-test hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,923. Selain itu hasil perhitungan zhitung juga menunjukan nilai yang lebih kecil dari ztabel yaitu -4,470 < -1,96. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan aplikasi canva dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran metode ceramah dan penugasan.

Downloads

Published

2024-09-05