Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Tiktok Pada Mata Pelajaran Informatika di Kelas XI MAN 4 Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.58660/cer.v3i2.29Keywords:
Media pembelajaran, Belajar, Hasil belajar, TiktokAbstract
Perkembangan media pembelajaran berbasis teknologi yang semakin canggih membantu guru menyampaikan konten secara efisien, mencerminkan dampak Revolusi Industri 4.0 di bidang pendidikan. Kehadiran media pembelajaran berbasis teknologi membawa sejumlah manfaat, tidak hanya dalam merangsang minat belajar peserta didik, tetapi juga dalam meningkatkan hasil belajar. Keberagaman fitur yang dimiliki TikTok dapat dijadikan landasan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya pada MAN 4 Cirebon. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen, karena kelompok kontrol dalam penelitian ini tidak dapat berfungsi sepenuhnya mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Pengontrolan secara ketat tidak dapat dilakukan secara penuh karena dalam praktek belajar mengajar siswa dapat saling berinteraksi satu sama lain atau dengan lingkungannya. Pengontrolan hanya dilakukan sesuai dengan kondisi yang ada. Berdasarkan hasil perhitungan Pretest mengenai tes hasil belajar dari 35 siswa yang dijadikan sampel diperoleh nilai terendah yaitu 45 dan nilai tertinggi adalah 88. Nilai rata-rata 74.43, standar deviasi 10.559. pada hasil perhitungan Posttest mengenai hasil belajar dari 35 siswa yang dijadikan sampel diperoleh nilai terendah yaitu 60 dan nilai tertinggi yaitu 96. Nilai rata-rata 85.09. Penggunaan TikTok berpengaruh pada penulisan teks prosedur pada aspek struktur teks, meski tidak pada unsur kebahasaan. Selain itu, melalui uji hipotesis, penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran memperoleh efektivitas sedang yang dilihat dari nilai rata rata yang didapatkan, yaitu 0,001 0,05.