Pengaruh Game Interaktif Quizwhizzer Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Materi Analisis Data di MAN 4 Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.58660/cer.v3i2.28Keywords:
Quizwhizzer, Quasi Experiment, Nonequivalen Kontrol GroupAbstract
Media yang efektif digunakan dalam pembelajaran kognitif materi analisis data adalah Aplikasi Quiz Whizeer. Pendekatan Quiz Whizeer memberikan manfaat dalam mengajak siswa untuk menerapkan strategi pembelajaran, seperti menantang otoritas dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment (Eksperimen Semu). Penelitian ini didesain menggunakan Nonequivalen Kontrol Group Design artinya kelompok eksperimen diberi perlakuan yaitu pembelajaran menggunakan game intraktif Quizwhizzer sedangkan pada kelompok kontrol tidak diberi perlakuan berupa game intraktif. Hasil belajar pada kelas eksperimen pada hasil tes awal (pretest) dengan nilai rata-rata 74,84 sedangkan pada kelas kontrol hasil tes awal (pretest) memiliki nilai rata-rata 68,77. Setelah diberi perlakuan berupa pembelajaran menggunakan game interaktif Quizwhizzer kelas eksperimen Pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yang sangat tinggi dari nilai rata-rata 74,84 menjadi 83.00. Sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran tanpa game interaktif Quizwhizzer mengalami peningkatan yang rendah dari nilai rata-rata 68,77 menjadi 69,77. Berdasarkan hal tersebut hasil belajar siswa dari kelas eksperimen mengalami peningkatan yang sangat signifikan