Pengaruh Dampak Internet Sosial Media Terhadap Proses Kegiatan Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.58660/cer.v2i1.18Keywords:
Dampak media sosial, Prestasi belajar, Hasil belajar, KomunikasiAbstract
Media sosial merupakan alat komunikasi atau informasi yang memungkinkan penggunanya melakukan percakapan, berbagi informasi, dan mengungkapkan ide. Namun bagi sebagian pelajar, terutama yang tidak menyalahgunakan media sosial untuk keperluan pembelajaran, media sosial justru memberikan ancaman yang sangat menakutkan. Media sosial mempunyai dampak yang sangat besar bagi siswa untuk menunjang keberhasilan belajarnya. Hasil belajar adalah hasil belajar yang dicapai setelah mengikuti suatu proses kegiatan pembelajaran. Hasil belajar juga dapat dinyatakan dalam bentuk angka atau nilai. Diperlukan usaha yang maksimal untuk mencapai hasil belajar. Lebih jauh lagi, kegiatan belajar mengajar memerlukan suatu proses pengelolaan dan pengorganisasian lingkungan sekitar siswa untuk mendorong mereka berkembang dan melaksanakan proses belajar. Peran orang tua dan guru di sekolah sangat diharapkan untuk membantu siswa membatasi penggunaan media sosial. Tujuan penulis menuliskan ini adalah untuk mengetahui pengaruh: (1) prestasi belajar; (2) media sosial; (3) dampak negatif dan dampak positif; (4) peran guru di sekolah terhadap dampak penggunaan media sosial.